Wednesday, July 16, 2008

Gratisan

Operating System
Sudah lama sekali kita selalu menggunakan software Operating system buatan Microsoft, orang-orang awam juga mulai terbiasa dengan software berbayar tersebut. Dengan adanya kebijakan yang lebih ketat mengenai pelarangan softaware bajakan oleh pemerintah maka ada baiknya kita mulai berfikir untuk mencari software alternatif dari Miccrosoft Windows ang versi Home Editionnya mencapai harga ratusan ribu rupiah. Anda bisa mencoba Linux dengan berbagai distributornya (dan tentunya harus belajar lagi mengenal Operating System tersebut). Alamatnya http://www.ubuntu.com/, http://www.debian.org/, http://www.slackware.com/, http://www.gentoo.org/, http://www.mandriva.com/, http://www.blankonlinux.or.id/.

Image Viewer
Kadang kala kita membutuhkan suatu tool untuk melihat beberapa foto yang sudah kita tempatkan di komputer, selain melihat kita juga ingin mengorganisasinya dengan baik sekaligus beberapa fungsi edit sederhana. Sementara ini kita biasa memakai ACDSee yang merupakan software berbayar. Kita sebenarnya bisa menggunakan software yang sejenis yang bernama Irfanview, software ini ghratis sehingga anda tidak perlu bingung mencari cracknya. Alamatnya http://www.irfanview.com/.

Music Player
Untuk urusan mendengarkan musik anda bisa mencoba memilih Winamp. Alamatnya http://www.winamp.com/BrowserSaat anda menggunakan OS Windows maka anda akan otomatis menggunakan Browser Internet Explorer, tapi jika anda ingin menggunakan browser yang lainnya (yang gratis tentunya) anda bisa mencoba Mozilla. Keunggulan mozilla dari IE adanlah browser ini dapat membuka beberapa jendela dalam satu aplikasi yang diberi nama tab. Alamatnya http://www.mozilla.org/.

Database
Untuk urusan database anda bisa menggunakan MYSQL sebagai tandingan M.S. SQL . . Alamatnya http://www.mysql.com/.

Web Server
Jika anda ingin belajar web dengan menggunakan web server local tidak ada salahnya jika anda menggunakan webserver yang gratis seperti Apache. Alamatnya http://www.apache.org/.

Office
Software gandengan dari Microsoft Windows untuk urusan tool perkantoran atau offica adalah Microsoft Office. Tapi jika anda membelinya anda bisa bayangkan beberapa ratus ribu uang terbuang. Mungin kini saat yang tepat untuk berganti ke software office yang gratis yang mempunyai nama Open Office. Alamatnya http://www.openoffice.org/, http://www.7-zip.org/.

Web Editor
Anda ingin belajar web HTML, PHP dan lainnya, tetapi pusing web editor yang anda gunakan berbayar dan menggunakan serial number. Sekarang anda tidak usah pusing anda bisa mencoba AceHTML untuk editor HTML Alamatnya http://software.visicommedia.com/en/products/acehtmlfreeware/ dan PHP Editor untuk editor PHP Alamatnya http://paginas.terra.com.br/informatica/php_editor/index_en.html.

Anti Virus
Komputer dengan OS Windows sangat rentan sekali dengan yang namanya virus komputer, untuk itu anda dapat membentengi komputer anda dengan antivirus. Di dunia maya ada banyak sekali anti virus tetapi hanya sedikit yang berbaik hati memberikan software sekaligus up-datenya secara gratis. Antivirus yang berbaik hari tersebut adalah AVG Anti Virus, anda dapat menggunakan versi free editionnya, sekaligus setiap 7 hari sekali anda dapat mendapatkan update antivirus via internet. Alamatnya http://free.grisoft.com/.

Labels: